Take a fresh look at your lifestyle.

Benteng Vastenburg: Venue Rock in Solo 2022

129

Kota Solo Terkini –
Benteng Vastenburg: Venue Rock in Solo 2022

Halo wong solo pengunjung setia KotaSoloID, Pada berita yang akan kalian baca kali ini adalah
Benteng Vastenburg: Venue Rock in Solo 2022 , kami telah mempersiapkan berita dari berbagai sumber ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan kali ini
Benteng Vastenburg: Venue Rock in Solo 2022 , yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Rock in Solo Festival merupakan salah satu agenda di bidang musik besar yang rutin digelar di Kota Solo. Acara ini merupakan ajang pertunjukan musik metal, rock dan sejenisnya yang berasal dari band-band lokal hingga internasional. Setelah sempat vakum pada beberapa tahun kebelakang, rencananya Rock in Solo akan kembali digelar pada 30 Oktober 2022 mendatang. 

Venue yang digunakan untuk penyelenggaraan Rock in Solo pada tanggal 30 Oktober mendatang adalah di Benteng Vastenburg Solo. Lokasi dari tempat ini ada di Kedung Lumbu, Pasar Kliwon, Surakarta. Pemilihan venue ini dilatarbelakangi karena Benteng Vastenburg merupakan tempat sebagai salah satu cagar budaya yang ada di Kota Solo. Selain itu tempat ini juga memiliki latar belakang sejarah yang kuat. 

Benteng Vastenburg merupakan salah satu benteng peninggalan kolonial Belanda, dan menjadi salah satu dari 275 benteng yang tersebar di seluruh Indonesia. Benteng ini didirikan oleh Gubernur Jenderal Baron Van Imhoff pada tahun 1755-1779. Pada mulanya benteng ini bernama Fort De Grootmoedigheid, lalu berganti nama menjadi Benteng Vastenburg yang memiliki arti benteng yang kuat. 

Benteng Vastenburg dulunya digunakan sebagai pertahanan yang terkait dengan posisi Pemerintah Keraton Surakarta dan Gubernur Belanda. Dulunya bangunan ini digunakan oleh pasukan Belanda untuk mengawasi aktivitas Keraton Surakarta. Selain untuk mengawasi keraton, benteng ini juga digunakan untuk memecah tiga teritori. Yaitu perkampungan Arab di sebelah barat, perkampungan Cina di sebelah utara hingga timur, dan Keraton Surakarta di sebelah selatan. 

Namun pada 1945 ketika Indonesia merdeka, kepemilikan Benteng Vastenburg akhirnya berpindah tangan ke kedaulatan Republik Indonesia. Yang kemudian ditempati oleh TNI hingga tahun 1986. Lalu pada tahun 1970 – 1980 benteng ini sering digunakan sebagai tempat untuk pelatihan keprajuritan dan pusat Brigadir Infantri 6/Trisakti Baladaya/Kostrad untuk wilayah Karesidenan Surakarta. Namun seiring perkembangan zaman, benteng ini telah beralih fungsi menjadi tempat wisata dan sering digunakan sebagai venue untuk acara konser, acara festival, atau event lainnya. Yuk, datang dan ramaikan serangkaian acara dalam gelaran Rock in Solo 2022!

Sekianlah info update kota solo yang berjudul
Benteng Vastenburg: Venue Rock in Solo 2022 , mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. Sampai jumpa di info kota solo yang lainnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.