Take a fresh look at your lifestyle.

Cocok mboten lur?Bus Rapid Transit atau BRT Trans Jateng Koridor I yang selama…

144


Cocok mboten lur?

Bus Rapid Transit atau BRT Trans Jateng Koridor I yang selama ini melayani rute Terminal Tirtonadi Solo-Sumberlawang, Sragen, akan ditambah dengan rute Solo-Wonogiri mulai tahun depan. Rute baru itu diharapkan bisa diluncurkan Januari 2023.

Informasi itu disampaikan Anggota Komisi D DPRD Jateng, Untung Wibowo Sukowati, saat diwawancarai wartawan di Solo, Jumat (14/10/2022). Untung mengatakan Pemrov Jateng telah menyiapkan anggaran subsidi operasional BRT Trans Jateng senilai Rp90 miliar pada 2023.

“Anggaran subsidi seluruh Jateng Rp90 miliar tahun 2023. Itu sudah termasuk rute Solo-Wonogiri. Jadi tahun depan akan dibuka trayek Solo-Wonogiri,” ungkapnya.

Bowo, panggilan akrabnya, berharap layanan BRT Trans Jateng trayek Solo-Wonogiri sudah mulai beroperasi Januari 2023. Saat ini, menurutnya, operator sudah deal atau setuju untuk membuka layanan trayek tersebut.

“Kemarin kami sudah selesai, deal dengan operatornya, terus launching mudah-mudahan Januari 2023,” harapnya. Mengenai alasan penambahan trayek BRT Trans Jateng rute Solo-Wonogiri, Bowo menyebut karena pertimbangan aglomerasi.

Jalur tersebut akan melewati beberapa daerah di Soloraya, yaitu Solo, Sukoharjo, dan Wonogiri. Untuk mendukung penambahan trayek itu, menurut Bowo, sudah ada tambahan anggaran di APBD Jateng 2023.

“Pertimbangan penambahan trayek Solo-Wonogiri lebih ke layanan aglomerasi saja sebenarnya. Kan nanti melewati beberapa kabupaten seperti Sukoharjo. Anggaran subsidinya Rp90 miliar. Tahun ini Rp75 miliar,” terangnya.

Bowo menjelaskan pengoperasian BRT Trans Jateng termasuk rute Solo-Wonogiri untuk menyediakan layanan transportasi umum yang layak, nyaman dan aman, bagi para pekerja dan pelajar. Utamanya di daerah-daerah industri.

“Sebenarnya tujuannya untuk para pekerja, terutama daerah-daerah industri yang dilewati. Itu sasaran utama. Yang kedua anak sekolah. Sekarang kan banyak anak di bawah umur lalu-lalang kendarai motor sendiri,” imbuhnya. (…)

🔁 @koransolopos

#bustransjateng #wonogiri #beritasolo #infosolo #kotasolo #soloraya




Source

Leave A Reply

Your email address will not be published.