Take a fresh look at your lifestyle.

Pengujian Jembatan Jurug A (Jembatan Lawas) yang akan dipakai untuk jembatan dar…

118


Pengujian Jembatan Jurug A (Jembatan Lawas) yang akan dipakai untuk jembatan darurat khusus bagi pengendara sepeda motor sudah selesai per Selasa (11/10/2022).

Namun, apakah jembatan itu layak dibuka untuk lalu lintas kendaraan atau tidak saat ini?

Proses pengujian Jembatan Jurug A berlangsung selama dua pekan, dimulai pada akhir September 2022 lalu. Pengujian dilakukan oleh PT Bukaka sebagai pelaksana pengerjaan Jembatan Jurug B.

Nantinya Jembatan Jurug A diproyeksikan sebagai jembatan darurat khusus untuk pengguna sepeda motor guna mengurangi beban Jembatan Jurug C dan Jembatan Bacem selama Jembatan Jurug B ditutup.

General Manager Konstruksi PT Baja Titian Utama, Bambang Nurhadi, menyebut proses pengujian Jembatan Jurug A Solo sudah selesai dan kini tengah ditelaah untuk mengetahui hasilnya.

Nantinya jika hasil pengujian sudah keluar, akan langsung dikomunikasikan dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Solo.

“Saat ini sedang saya pelajari seperti apa. Nanti kalau sudah ada hasilnya saya laporkan ke DPUPR Kota Solo,” jelasnya saat dihubungi Solopos.com mengenai pengujian Jembatan Jurug A Solo, Rabu (12/10/2022).

Mengenai Jembatan Jurug B yang saat ini tengah dibongkar, Bambang mengklaim tidak ada masalah berarti meskipun hujan deras kerap mengguyur Kota Solo selama dua pekan terakhir.

Menurutnya, kontraktor terus berkoordinasi dengan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo terkait pengerjaan Jurug B.

“Selama pintu Dam Colo masih terkendali, BBWS Bengawan Solo secara prinsip juga menginginkan kami bekerja sambil melengkapi rekomendasi teknis [rekomtek]-nya seperti apa,” ulasnya.

Saat ini Jembatan Jurug B sedang dalam proses pembongkaran yang dimulai pada 26 September dan dijadwalkan rampung pada 19 November 2022. Pembongkaran dilanjutkan dengan pekerjaan konstruksi jembatan baru pada 6 November 2022-1 Juli 2023.

Lalu pekerjaan oprit jembatan pada 12 Maret-15 April 2023, perkerasan jalan/aspal pada 23 Juni-22 Juli 2023. Terakhir tahap perapihan dan lain-lain pada 16 Juli-5 Agustus 2023.

🔁 @koransolopos
#beritasolo #infosolo #kotasolo #soloraya #kangensolo #tombokangen




Source

Leave A Reply

Your email address will not be published.