Take a fresh look at your lifestyle.

Tengok Wajah Baru Lokananta, Studio Rekaman Pertama di Indonesia yang Baru Dibuka Kembali

85

Kota Solo Terkini –
Tengok Wajah Baru Lokananta, Studio Rekaman Pertama di Indonesia yang Baru Dibuka Kembali

Halo wong solo pengunjung setia KotaSoloID, Pada berita yang akan kalian baca kali ini adalah
Tengok Wajah Baru Lokananta, Studio Rekaman Pertama di Indonesia yang Baru Dibuka Kembali , kami telah mempersiapkan berita dari berbagai sumber ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan kali ini
Tengok Wajah Baru Lokananta, Studio Rekaman Pertama di Indonesia yang Baru Dibuka Kembali , yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Perusahaan rekaman pertama dan terbesar di Indonesia, Lokananta, kembali beroperasi setelah dilakukan revitalisasi. Perusahaan yang didirikan oleh R. Maladi pada tahun 1956 ini sempat mengalami masa kejayaan di tahun 1970-1980-an.

 

Lokananta pun disebut sebagai “Titik Nol” musik Indonesia, dengan menerbitkan berbagai legenda musik Indonesia, seperti Gesang, Waldjinah, Bing Slamet, Titiek Puspa, dan Sam Saimun. Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi, Lokananta sempat dalam masa terpuruk hingga akhirnya vakum dan terbengkalai pada era 1990-an.

 

Namun, saat ini Lokananta kembali hidup dengan wajah baru dan harapan baru agar kembali berjaya. Lokananta kembali dibuka pada Hari Sabtu, 3 Juni 2023 dan diresmikan langsung oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir. Kementerian BUMN turut mendorong kemajuan industri musik dan seni di Indonesia melalui revitalisasi dan pengembangan aset Lokananta ini.

 

Melalui pembukaan Lokananta disampaikan bahwa Lokananta diproyeksikan menjadi ruang kreatif publik, ruang pertunjukan, tempat memberdayakan UKM dan UMKM. Selain itu, Lokananta juga dijadikan sebagai destinasi budaya, wisata, dan musik di Kota Surakarta. 

 

Menurut Erick, Lokananta sangat lekat dengan catatan sejarah dan kiprah industri musik di Indonesia. Revitalisasi yang telah dilakukan diharapkan bisa menjadi momentum dalam meningkatkan eksistensi seni musik di Indonesia.

 

“Kami berharap, generasi muda di Solo dan Jawa Tengah bisa kembali datang ke sini, berkarya dan berkolaborasi,” jelas Menteri BUMN Erick Thohir di acara pembukaan Lokananta.

 

Saat ini, Lokananta siap beroperasi sebagai sentra kreativitas bagi para musisi, seniman, serta Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Lokananta yang baru pun akan mengadakan kegiatan rutin setiap bulannya. Setidaknya terdapat 15 kegiatan per bulan yang siap dijelajah dan diikuti oleh pengunjung. Dengan kegiatan-kegiatan yang diagendakan tersebut Lokananta menargetkan 10.000 pengunjung. 

 

Dengan wajah Lokananta yang baru, diharapkan Lokananta bisa menjadi destinasi wisata baru yang menarik dan menginspirasi. Jadi, mari kunjungi wajah baru Lokananta dan mari dukung musik-musik di Indonesia.

Sekianlah info update kota solo yang berjudul
Tengok Wajah Baru Lokananta, Studio Rekaman Pertama di Indonesia yang Baru Dibuka Kembali , mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. Sampai jumpa di info kota solo yang lainnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.